Little Paris
Hello! Wallo!

Assalamualikum! Hi I'm erny. Welcome to My Paris Town. Replace With Yours. Gomawo!


Entries About Linkies Stuff


Walking Talking

letak link anda yang betul.
No Harsh words allowed here.
Boleh request Tuto kat sini.
Click 'Hantar' sekali sahaja.

Code CBox korang kat SINI!

Big Clap

Template: Intan Aqilah
Basecodes: Yaya
Others:   


MAGETAN KOTA KECIL NAN INDAH

Selamat Datang Kota Magetan
Assalamualaikum wr.wb Hallo temen-temen semua..,..oia kali ini aku akan membahas tentang daerah asalku, dimana aku di besarkan oleh kedua orang tuaku yaitu kota Magetan. Sebelumnya aku ini adalah mahasiswi dari universitas muhammadiyah malang bersama dengan temanku (layli, kamila, ananda, febrina, dila). Kalian udah pernah dengar apa belum kota MAGETAN????. Kota Magetan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang secara geografis terletak di 7 38′ 30″ Lintang selatan dan 111 20′ 30″ Bujur Timur dengan luas wilayah 688.85 km2. Kota Magetan sendiri merupakan kota kecil yang tidak terlalu ramai, tampak cukup tertata rapi dan bersih. Berada di lereng Gunung Lawu, kota ini memiliki udara yang sejuk dan dikelilingi pemandangan yang indah di mata. Bila cuaca cerah, dari kota ini tampak jelas Gunung Lawu secara utuh hingga puncaknya. Di Gunung Lawu ini kita akan disuguhi dengan berbagai macam keindahan alam yang bisa membuat pikiran menjadi fresh kembali, selain itu juga terdapat telaga yang bernama Telaga Sarangan  yang menambah indahnya kota ini. Jadi tidak heran bila hari minggu atau hari libur banyak orang yang datang baik dari dalam kota ataupun luar kota.

 














Setelah kita bicara soal wisata, kita beralih ke makanan khas Kota Magetan. Nah, Makanan khas Magetan terdiri dari makanan kecil (camilan), yang terdiri dari, lempeng beras, lempeng ketan, emping mlinjo, rengginan, rangin dari kelapa dan keripik tempe yang merupakan kegemaran wisatawan dari dalam dan luar daerah kota Magetan.
Semua produk makanan kecil ini pada umumnya dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga yang sudah profesional yang terletak di jalan Sawo, Selosari, Magetan.
           




Selain itu di Magetan terdapat beberapa macam kebudayaan antara lain :
1.Upacara "Labuh Sesaji"

Labuh sesaji merupakan ritual adat "BERSIH DESA" Masyarakat Sarangan dilaksanakan tiap tahun pada hari jum'at PON bulan Ruwah, dengan upacara pelarungan sesaji berupa tumpeng raksasa kedalam Telaga Sarangan dengan
menggunakan kapal boat sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME atas pemberian telaga yang mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat. 



2.Upacara "Ledhug Suro"




Ledhug Suro atau Lesung Suro Bedhug Muharram adalah
kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Magetan dalam rangka menyambut Tahun Baru Jawa (Saka) atau Bulan Suro yang berhimpitan dengan tahun baru Islam (Hijriah) atau Bulan Muharram.

Kegiatan Ledhug Suro ini dilaksanakan selama satu minggu sebelum tahun Baru Jawa dan Tahun Baru Islam, dengan diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba lesung Bedhug yang diikuti oleh tiap-tiap Kecamatan dan Dinas / instansi serta kegiatan lain seperti pasar Suro, dan berbagai hiburan rakyat seperti tari tradisional jalak lawu, Drumband,Wayang kulit,Reog,Dll. Dalam prosesi Ledhug Suro, diakhiri dengan kegiatan kirap / pawai yang membawa Roti Bolu dalam bentuk Lesung dan Bedhug dari GOR Ki Mageti sampai alun-alun Magetan yang diikuti oleh Bagus dan Dyah Magetan, dan beberapa hasil bumi Magetan, kegiatan ini juga sebagai ungkapan syukur Kepada Tuhan YME atas berkah dan keselamatan bagi rakyat Magetan dan menurut cerita barang siapa didalam kegiatan Ledhug Suro dapat memperoleh Bolu Rahayu akan mendapatkan berkah dan keselamatan.
Sobat,..sekian gambaran tentang Kota Magetan,,.Gimana anda tertarik untuk melihat keindahan kotanya bukan????
Wassalamualaikum Wr.Wb.